Apoteker Rumah Sakit DIY Mengikuti PIT dan Rakernas HISFARSI 2018 di Batam

Apoteker Rumah Sakit DIY Mengikuti PIT dan Rakernas HISFARSI 2018 di Batam

04

Oct 2018

      Batam menjadi tuan rumah pelaksanaan Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Himpunan Seminat Farmasi Rumah Sakit Indonesia (HISFARSI) Ikatan Apoteker Indonesia. Acara ini berlangsung di Harmonie One Hotel di Batam Center, pada tanggal 12-14 September 2018. Acara ini diikuti oleh sekitar 2.000 orang apoteker dari berbagai daerah di Indonesia.

    Tema yang diangkat dalam rangkaian kegiatan adalah “Improving Patient Outcome Through Quality Pharmaceutical Care and Interprofessional Collaboration”. Kegiatan PIT diisi dengan simposium dan workshop yang menghadirkan narasumber yang profesional di bidangnya serta kegiatan yang bertujuan untuk menggiatkan dan meningkatkan kompetensi apoteker di bidang farmasi klinik yang belum pernah digelar sebelumnya yaitu “Olimpiade farmasi klinik antar daerah”.

       Sekjen HISFARSI, Dr. L Rizka Andalusia, M.Pharm MARS Apt mengatakan bahwa kegiatan ini penting bagi peningkatan kompetensi para apoteker yang bekerja di rumah sakit. Tidak kalah penting, diharapkan tenaga apoteker bisa berkolaborasi dengan tenaga medik dan tenaga kesehatan lainnya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pasien. Di era Jaminan Kesehatan Nasional seperti sekarang ini, Apoteker yang bekerja di rumah sakit dituntut untuk dapat melakukan efisiensi tanpa mengabaikan efikasi dan safety bagi pasien. Untuk itu kolaborasi tenaga kesehatan sangat diperlukan agar obat dapat diberikan secara rasional demi kepentingan pasien. Bersamaan dengan PIT, juga digelar Rakernas untuk membuat program-program ke depan terkait pelayanan kefarmasian di rumah sakit, seperti sosialisasi, edukasi dan lain sebagainya.

        Tim HISFARSI DIY ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan PIT ini, tercatat lebih dari 40 apoteker yang bekerja di rumah sakit di DIY hadir dalam kegiatan tersebut. Tim HISFARSI DIY juga mengikuti berbagai perlombaan yang diadakan dan meraih beberapa prestasi. Apoteker Christina Ari (RS Panti Rapih Yogyakarta) meraih Juara II Lomba Konseling dan Apoteker Ana Puspita Dewi (RS Bethesda Yogyakarta) meraih Juara I pada Presentasi Oral di PIT HISFARSI Batam 2018. Meskipun 2 tim olimpiade farmasi klinik yang dikirim mewakili Hisfarsi DIY belum berhasil meraih prestasi puncak, tetapi kegiatan tersebut telah berhasil menyemangati agar sejawat Apoteker Rumah Sakit dapat meningkatkan kegiatan farmasi klinik di tempat kerjanya masing-masing. 

        Kegiatan ilmiah OKE, kegiatan entertainment pun OKE. Pada malam Gala Dinner hamper semua anggota tim DIY ikut berpartisipasi dengan memberikan performance yang luar biasa berupa paduan suara kreasi modern Jangkrik Genggong dan Sayang di bawah pimpinan Drs. Mudjiana Apt. Performance yang luar biasa ini diapresiasi oleh sejawat apoteker seluruh Indonesia yang menghadiri acara tersebut.

Apoteker DIY Istimewa. Maju terus Apoteker Indonesia!
(IH/Retno)