Sinau Online Series Ke 24 Dan Rakercab PC IAI Gunungkidul

Minggu, 11 April 2021 telah terlaksana kegiatan rutin SINAU ONLINE SERIES (SOS) ke 24, yang diselenggarakan oleh PC IAI Gunungkidul.

Acara dimulai pukul 08.00 WIB melalui platfrom zoom & youtube dengan diawali pembukaan oleh master of ceremony apt. Dinar Dibayu Nirwana, S.Farm dilanjutkan dengan berdoa agar acara tersebut berjalan dengan lancar. Tidak lupa lagu Indonesia Raya dan Hymne IAI juga turut membuka acara  ini. Acara berjalan begitu hikmat dan lancar.

SOS Ke-24 dihadiri oleh perwakilan Bupati Gunungkidul yaitu Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, ketua PD IAI DIY yang diwakili oleh apt. Budiyono M.Sc, tamu undangan, perwakilan Pengurus Cabang IAI se-DIY dan seluruh apoteker yang telah mendaftar dengan total 400 peserta.

Tema yang diangkat adalah On A Diet, tema ini sangat menarik karena sering sekali apoteker yang bertugas di pelayanan mendapatkan konsultasi dari pasien terkait program diet baik secara farmakologi maupun non farmakologi. Obesitas (berat badan tidak ideal), merupakan masalah yang umum terjadi pada masyakarat yang dapat berpotensi menimbulkan permasalahan kesehatan papar apt. Meiza Valdani S. Far yang merupakan ketua acara SOS ke 24 ini.

Sesi I diisi oleh dr. Fransisca Herin AP., M.Biomed dengan materi Happy Slimming. Dalam materi ini dijelaskan bagaimana cara menurunkan berat badan yang aman dan nyaman, bagaimana cara agar berat badan turun dengan kebiasaan baik dan hal-hal yang berkaitan dengan obesitas.

Sesi II yang diisi oleh Prof. Dr. apt. Dyah Aryani Perwitasari, M.Si., Ph.D dengan materi Menurunkan Berat Badan Dengan Aman, Nyaman dan Efektif beliau menjelaskan efek terapi dari obat-obat yang biasa digunakan untuk diet dan apa saja terapi farmakologi dan nonfarmakologi untuk diet.

Kegiatan berjalan dengan lancar dan semangat. Dipandu moderator apt. Fithriyatun Nisa, S.Farm acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab bersama para peserta yang telah bertanya di link Q n A. Sinau online series ditutup pada pukul  12.00 WIB, dilanjutkan rapat kerja cabang PC IAI Gunungkidul setelah pukul 12.30 WIB.

Ketua acara, apt. Meiza Valdani S. Far. juga berharap "semoga kita dapat mengadakan kegiatan di kesempatan lain dengan lebih baik dan menarik". Demikianlah rangkaian Kegiatan SOS Ke-24 semoga ilmu dan pengetahuan yang telah di dapatkan bermanfaat ^_^

penulis : Marisa Adnasari A
editor : Isti Mutmainah