Sinau Online Series Ke 25 Dan Rakercab PC IAI Kota Yogyakarta

Minggu, 18 April 2021 Pengurus Cabang IAI Kota Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan rutin SINAU ONLINE SERIES (SOS) Ke-25.

Acara dimulai pukul 08.00 WIB melalui platfrom zoom& youtube  dengan diawali pembukaan oleh master of ceremony apt. Y. Narwastu Eka, S.Farm dilanjutkan dengan berdoa agar acara tersebut berjalan dengan lancar dan menghasilkan output yang diinginkan. Tidak terlupa lagu Indonesia Raya dan Hymne IAI juga turut membuka acara yang berjalan begitu hikmat tersebut.

Acara SOS Ke-25 dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, perwakilan ketua PD IAI DIY, tamu undangan, perwakilan PC se DIY dan apoteker yang telah terdaftar sebagai peserta.

Tema yang diangkat sangat menarik yaitu "Peran Pelayanan Kefarmasian dalam Telemedicine di Era Adaptasi Kebiasaan Baru". Alasan dipilihnya tema ini untuk memahami konsep pelayanan kefarmasian dalam telemedicine & memahami jaminan hukum dalam pelaksanaan pelayanan kefarmasian dalam telemedicine.

Sesi I diisi oleh apt. Dra. Triyanti Setyorini. M.Kes. (Kepala Bidang Pemeriksaan BPOM DIY) dengan materi "Peraturan Terkait Telemedicine & Telepharmacy, The Do's & Don't" menjelaskan tentang pengawasan obat yang diedarkan secara daring, apa saja resikonya, bagaimana pengawasan oleh Badan BPOM dan isi peraturan terkait obat.

Dilanjutkan dengan Sesi II yang diisi oleh apt. Dr. Bondan Ardiningtyas, M.Sc. (Praktisi Apoteker) dengan materi "Pelayanan Kefarmasian & Telemedicine sesuai Standar Kompetensi" menjelaskan tentang bagaimana menanggapi perubahan didunia kefarmasian dan pengaruh revolusi industri terhadap bidang kesehatan.

Sesi terakhir diisi oleh Satrio Pramudono (Vice President Pharmacy Delivery from Halodoc) dengan materi "Sharing Praktek Pelayanan Kefarmasian dalam Pelayanan Telemedicine)" menjelaaskan tentang bagaimana praktek pelayanan kefarmasian di halodoc.

Acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab dipandu oleh moderator apt. Brigitta Lynda Rakasiwi, S.Farm lalu ditutup pada pukul  12.00 WIB.

Dengan beberapa pemaparan materi diatas diharapkan kita dapat mengetahui lebih luas tentang bagaimana pelayanan kefarmasian dalam telemedicine dan peraturan-peraturannya serta dapat mengikuti perkembangan kefarmasian sesuai berjalannya teknologi.
Demikianlah rangkaian Kegiatan SOS Ke-25 semoga ilmu dan pengetahuan yang telah di dapatkan bermanfaat ^_^

penulis : Annisa Nur Hafida
editor : Isti Mutmainah